Cara Ampuh dan Alami Mengatasi Keputihan

Keputihan sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi pada wanita. Tetapi ketika keputihan sudah mulai berbau, berwarna, dan terasa gatal maka harus segera diatasi. Ada banyak cara mengatasi keputihan yang mudah. Para wanita mungkin sudah mengetahui sebagian cara-cara tersebut. Tentunya lebih baik untuk menggunakan cara-cara alami yang lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Tidak baik jika membiasakan dengan obat-obatan tertentu. Untuk anda para wanita yang merasa penasaran, berikut ini adalah cara-cara mengatasi keputihan dengan mudah. Mungkin dapat membantu anda menyelesaikan masalah yang satu ini.

Mengatasi Keputihan dengan Alami

Hal pertama yang harus dicatat dalam cara mengatasi keputihan adalah dengan menghindari penggunaan cairan pembersih vagina. Ada banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan untuk membeli bahan ini tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata menggunakan cairan pembersih vagina justru bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan. Kemudian langkah ampuh pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mulai menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar. Gunakan jenis pakaian yang terbuat dari bahan katun karena akan menyebabkan area vagina tidak lembab dan kering.

Anda bisa juga mencoba cara mengatasi keputihan dengan bahan-bahan yang alami. Misalnya dengan menggunakan cuka sari apel. Bahan yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan terutama jika keputihan disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel dapat membantu vagina mendapatkan tingkat keseimbangan pH yang lebih sesuai. Tidak hanya itu, cuka sari apel juga bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina dan mengurangi vagina yang terlalu berbau akibat infeksi jamur. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan cuka sari apel murni ke dalam segelas air mineral yang hangat, kemudian tambahkan madu lalu minum. Anda bisa minum selama satui hari sekali untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Selain penggunaan cuka sari apel, cobalah untuk mengonsumsi jus basil dan susu. Basil telah diakui sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi keputihan secara alami. Basil memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan rongga vagina dan mengendalikan kondisi pH. Masalah pH yang tidak seimbang sering dialami oleh wanita terutama menjelang dan setelah periode menstruasi. Anda bisa mencoba menyembuhkan keputihan dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun basil, kemudian campurkan dengan satu gelas susu rendah lemak. Metode ini bisa menyembuhkan keputihan selama satu atau dua minggu setelah terapi. Selain itu cobalah juga mengonsumsi jus delima satu kali seahri untuk meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah perkembangan bakteri dan virus. Demikianlah beberapa cara mengatasi keputihan secara alami. 

Sumber :  everydayroots.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *