Cara Membuat Jus Sehat Dari Buah Dan Sayur

Apakah Anda termasuk orang yang tidak menyukai buah dan sayur? Tahukah Anda di dalam buah dan sayur tersebut terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh?

Bagi Anda yang tidak menyukai jus buah dan sayur, Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengolah buah dan sayur tersebut menjadi sebuah minuman kesehatan seperti minuman jus.

Jus buah dan sayur sekarang ini ada banyak sekali, Anda dapat membelinya di supermarker ataupun di toko terdekat, namun Anda harus memperhatikan, tidak semua jus kemasan itu aman untuk Anda konsumsi, ada juga jus dalam kemasan yang mengandung bahan pengawet berbahaya.

Nah jika Anda tidak ingin menerima dampak buruk pada saat mengonsumsi jus dalam kemasan, maka Anda dapat membuat jus buah dan sayur sendiri di rumah, dengan begitu Anda bisa berkreasi sendiri, selain itu jika Anda membuat jus buah dan sayur sendiri di rumah, maka tingkat keamanan akan jauh

Namun jika Anda membuat jus sendiri jangan asal buat, karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti kebersihan ataupun pengolahan, karena jika tidak diperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada jus tersebut akan hilang, nah berikut ini ada beberapa cara membuat jus sehat dari buah dan sayur dengan benar.

Tips Cara Membuat Jus Sehat Dari Buah Dan Sayur Benar

1. Pilihlah aneka buah dan sayur segar

Langkah pertama dalam membuat jus kesehatan adalah memilih aneka buah dan sayur, Anda dapat memilih aneka buah dan sayur yang terdapat di pasaran, akan tetapi pilihlah buah dan sayur yang masih segar, selain itu Anda juga bisa mengombinasikan antara buah dan sayuran dalam sebuah jus kesehatan, hal tersebut berfungsi agar kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dari buah dan sayur tersebut dapat saling melengkapi dalam memberikan asupan nutrisi bagi tubuh Anda.

2. Jangan pilih buah yang banyak mengandung gula fruktosa

Tidak selamnaya buah yang Anda gunakan semuanya akan menyehatkan bagi tubuh, akan tetapi ada juga beberapa buah yang dapat membuat kadar gula dalam darah Anda menjadi naik, buah yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik seperti buah durian, buah nangka, buah sirsak, buah mangga dan buah anggur, jenis buah tersebut memang memberikan rasa menyegarkan untuk tubuh, akan tetapi jika tidak dibatasi konsumsinya akan mengakibatkan penyakit diabetes, karena kadar gula dalam buah tersebut (fruktosa) tidak dapat diubah oleh tubuh menjadi energi sehingga kadar gula tersebut menyebar dalam pembuluh darah. maka dari itu hindari buah-buah yang memiliki tingkat fruktosa tinggi.

3. Perhatikan jumlah kalori tiap buah

Bila Anda memilih membuat jus kesehatan yang berasal dari buah saja, maka Anda harus lebih berhati-hati, karena Anda harus memperhatikan asupan kalori yang terdapat pada buah yang digunakan, buah memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dari pada kandungan kalori pada sayuran, contohnya saja misalnya buah pisang, dalam 1 buah pisang setidaknya mengandung 100 kalori hingga 200 kalori. Hal tersebut setara dengan Anda makan Ā½ donat tanpa topping.

Nah agar kadungan kalori dalam jus yang Anda buat seimbang, maka Anda dapat menggabungkan antara keduanya, yakni buah dan sayur, namun jika ingin menggabungkan Anda juga harus memperhatikan rasa yang akan dihasilkan, selain itu agar tubuh Anda mendapatkan asupan protein tambahkan juga produk olahan susu seperti yoghurt tawar.

Berbicara mengenai kalori tinggi, akan sangat bijaksana apabila Anda tidak menambahkan gula pada jus yang dibuat, karena gula mengandung kadar kalori jahat yang sangat tinggi, akan tetapi apabila kita berbicara mengenai selera, maka tambahkan gula sedikit saja.

4. Jaga kebersihan bahan dan alat yang akan digunakan

Selain memperhatikan jumlah kalori, hal terpenting dalam membuat jus kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan bahan dan alat yang akan Anda gunakan. Karena jika Anda menggunakan bahan pembuat jus dari buah atau sayur yang tidak higenis maka jus kesehatan tersebut malah akan membuat perut Anda sakit, karena kandungan bahan yang tidak bersih atau higenis terdapat banyak kuman dan bakteri penyebab berbagai penyakit. Selain memperhatikan kebersihan bahan, Anda juga harus memperhatikan kebersihan alat untuk membuat jus. Seperti mencucinya sebelum menggunakan, lalu memperhatikan pisau penghancur sudah berkarat atau belum dan lainya, karena jika hal tersebut tidak Anda perhatikan akan mnimbulkan banyak penyakit pada tubuh Anda sendiri.

5. Lebih baik gunakan blender dari mesin juice modern

Sebenarnya boleh-boleh saja Anda membuat jus dengan menggunakan mesin modern, akan tetapi mesin jus tersebut memiliki harga yang sangat mahal, selain itu mesin jus modern akan bekerja secara otomatis untuk memisahkan antara serat dan air, pahadal kandungan serat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk metabolisme pencernaan. Sehingga kandungan nutrisi yang terdapat pada buah hanya sebagian yang bisa kita peroleh apabila menggunakan mesin jus modern.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki mesin jus modern, tidak usah khawatir, Anda bisa menggunakan blender yang konvensional, karena selain harganya mudah dan mudah pemakaianya, dengan menggunakan blender kandungan serat dan nutrisi yang terdapat pada buah tidak akan terbuang, karena pada dasarnya kandungan tersebut masih tercampur kedalam wadah blender dan tidak dipisahkan secara otomatis, selain itu dengan menggunakan blender, Anda juga bisa menambahkan air ataupun es batu agar jus kesehatanĀ  lebih segar dan nikmat tentunya.

6. Jangan buang ampas jus

Kebiasaan orang yang membuat ampas jus selama ini sebenarnya sangat tidak dibenarkan, karena menurut sebuah penelitian mengenai ampas jus, di dalam ampas tersebut ternyata terkandung serat yang sangat tinggi, kandungan serat pada ampas inilah yang sangat berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu memperlancar pencernaan seperti sembelit, diare dan masih banyak lagi, maka dari itu jika Anda membuat jus dan masih meninggalkan ampas, maka usahakan mengonsumsi ampas tersebut, atau jika Anda tidak suka dengan rasa ampas jus tersebut, Anda bisa menambahkan ampas tersebut kedalam masakan sehari-hari.

Nah itulah beberapa tips membuat jus kesehatan dari buah dan sayur. Jus kesehatan ini juga sangat cocok apabila Anda berikan kepada buah hati yang masih balita, karena jus buah dan sayur mengandung berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan dalam pertumbuhan sang buah hati. Selain itu Anda juga bisa menambahkan hiasan menarik diatasnya, seperti potongan buah-buahan, taburan meises, susu kentalmanis dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *